Jumat, 12 Maret 2010

Kebiasaan Makan yang Bikin Gemuk


Tak hanya berefek negatif pada tubuh, menurut Brigid McKevith, ahli nutrisi dari British Nutrition Foundation, kebiasaan makan dan menyimpanan makanan yang salah dapat membuat bobot tubuh melambung.

Kenali kebiasaan-kebiasaan buruk ini, dan ubahlah menjadi gaya hidup yang sehat.

- Melewatkan Sarapan
Saking sibuknya di pagi hari membuat Anda melupakan jadwal makan satu ini. Padahal, sarapan tidak hanya menjadi modal mengawali aktivitas, tapi juga membuat hasrat ngemil Anda berkurang di siang hari. Jika tak sarapan, perut bisa berbunyi sekitar pukul 10 pagi. Akibatnya, Anda malah menyambar keripik kentang atau cokelat. Ubah kebiasaan ini! Semangkuk sereal gandum, ditambahkan sedikit potongan buah akan menjadi modal sangat baik untuk memulai aktivitas Anda.

- Kerap menambahkan garam dalam makanan
Kebiasaan menambahkan garam dalam makanan membuat Anda berisiko tinggi terkena darah tinggi, penyakit jantung hingga stroke. Untuk mengurangi kebiasaan ini, sebaiknya Anda mencicipi dulu makanan yang tersedia sebelum menambahkan garam. Jika makanan tersebut membutuhkan tambahan rasa sebaiknya tambahakan lada hitam atau putih.

- Mengunyah sambil melakukan aktivitas lain
Akibat kesibukan atau dikejar deadline terkadang membuat Anda sering menikmati makan siang di meja kerja. Sambil mengetik, mondar-mandir mengambil barang, atau menelepon. Tahukah Jika kebiasan ini sering dilakukan, tubuh Anda tidak akan menyerap sempurna kandungan nutrisi dalam makanan. Bahkan, justru bisa mengganggu saluran pencernaan.

Gangguan pencernaan memang dapat melibatkan aspek fisik dan emosi. Terutama, bila Anda stres atau tidak meluangkan waktu untuk menikmati makanan. Hal ini disebabkan karena enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik dalam kondisi demikian. Untuk itu, luangkan waktu 10 menit untuk menikmati makanan sehingga memberi kesempatan bagi enzim pencernaan bekerja dengan baik.

- Bergonta-ganti pola diet
Selalu mencoba tren diet terbaru, yang belum tentu sesuai dengan tubuh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mendapatkan bentuk tubuh idaman tidak bisa instan. Diet dan olahraga yang seimbang merupakan cara terbaik untuk memiliki tubuh ramping, dan tentunya tetap tubuh Anda sehat dan bugar.

sumber: kosmo.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar